Latar Belakang

Latar Belakang

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Falah lahir di tengah-tengah masyarakat muslim dan bangsa Indonesia yang dilatar belakangi oleh :

  1. Adanya tuntutan Alloh SWT agar hambanya mampu menyembah dengan benar yang dilandasi iman yang kuat dan tepat untuk mewujudkan amal yang benar yang mampu menerapkan dan melaksanakan keikhlasan dengan baik sesama manusia maupun sesama makhluk lain.
  2. Adanya tututan Rosululloh SAW yang menyeru kepada kita umat manusia untuk hidup sesuai dengan ketentuan-ketentuan Alloh SWT dalam kehidupan ini, khususnya di Indonesia yang berbhenika dalam segala aspeknya. Alloh dan Rosullnya menyeru agar hidup damai baik sesama muslim maupun non muslim se-Bangsa dan se-Tanah air negara Indonesia khususnya dan umumnya penghuni dunia dan makhluk Alloh SWT lainnya.
  3. Adanya tuntutan cita-cita kemerdekaan yang mengisyaratkan dalam pembukaan UUD 45 yang intinya mewujudkan kebahagiaan lahir batin bangsa Indonesia yang merata sesuai dengan Pancasiala dan UUD 45 yang hal ini dijabarkan dalam pola dasar pembangunan lima tahun dalam GBHN yang menjadi ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). pendeknya kelahiran STAI Alfalah ini adalah: untuk mewujudkan :“Manusia Muslim pancasila dan pancasiliais-Muslim”