STAI Al-Falah Gelar Rapat Pleno & Pengesahan Terkait STATUTA, RIP & RENSTRA bersama Yayasan Asy-Syahidiyyah
STAI Al-Falah Gelar Rapat Pleno & Pengesahan Terkait STATUTA, RIP & RENSTRA bersama Yayasan Asy-Syahidiyyah
Sat, 10 February 2024 3:27
Aset-121-2048x1365

Garut – STAI Al-Falah menggelar rapat pleno (6/2) sekaligus pengesahan Statuta, RIP (Rencana Induk Pengembangan), dan RENSTRA (Rencana Strategis), serta syukuran milad ke-38. Acara yang digelar di Hotel  Kampung Sumber Alam Cipanas Garut ini merupakan kegiatan lanjutan rapat pleno sebelumnya yang dilaksanakan di Kampus STAI Al-Falah Cicalengka. Kegiatan ini dihadiri oleh Jajaran Pimpinan STAI Al-Falah Cicalengka, Pengurus Yayasan Asysyahidiyyah, Dosen Tetap, dan Staf Administrasi.

Rapat Pleno dibuka dengan “Keynote Speech” yang disampaikan oleh Ketua STAI Al-Falah Cicalengka Bandung Dr. KH. Nanang Naisabur, MH. Beliau menyampaikan gambaran kedepan tentang STAI Al-Falah. Harapan dan cita-cita yang hendak dicapai oleh STAI Al-Falah. Sesekali dalam penyampainnya Beliau menyinggung kalimat “Goes to be World University”  Membangun Perguruan Tinggi yang Mandiri dan Mendunia. 

Ketua STAI Al-Falah mengajak Civitas Academika untuk sama-sama mewujudkan mimpi tersebut. Beliau menyampaikan yang menjadi salah satu inspirasi tertuang dalam Al-Qur’an Surah Ibrahim ayat 24-25 yang berbunyi:

(24) Tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya kuat dan cabangnya (menjulang) ke langit.

(25) (pohon) itu menghasilkan buahnya pada setiap waktu dengan seizin Tuhannya. Dan Allah membuat perumpamaan itu untuk manusia agar mereka selalu ingat.

Beliau menyampaikan secara komprehensif mulai dari Mutiara hikmah yang terkandung dalam ayat diatas dan korelasinya dengan rencana pengembangan STAI Al-Falah untuk mencapai mimpi “Goes to be World University” diantara yang dipaparkan tentang penguatan basis kelembagaan, pengembangan program ungkitan, penegasan peran kebangsaan, dan penerapan prinsip good university”

Selepas Keynote Speech yang disampaikan Ketua STAI Al-Falah, dilanjutkan sambutan oleh Ketua Yayasan Asysyahidiyyah, KH. Cecep Abdullah Syahid, M.Pd.
Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi apa yang disampaikan ketua STAI Al-Falah

Saya sepakat dengan apa yang disampaikan ketua STAI Al-Falah terkait dengan cita-cita dan harapan kedepan, namun tentu harus betul-betul diperhatikan elemen-elemen untuk mencapai harapan tersebut, seperti profesionalisme di lingkungan Lembaga mulai dari dosen sebagai penyampai informasi kepada mahasiswa, pegawai administrasi, dan lain sebagainya. Begitupun analogi yang disampaikan ketua STAI Al-Falah tentang pohon, kita harus betul-betul memperhatikannya dari awal. Mulai dari bibit, pupuk, penyiraman, perawatan yang sangat baik sehingga STAI bisa mencapai harapan, impian, dan tujuan. Budaya kekhasan di STAI Al-Falah betul-betul perlu di jaga karena dari dulu STAI terkenal dengan Qiro’atnya maka itupun harus dijaga.

kemudian beliau menyampaikan terkait dengan pengambilan keputusan sebagaimana yang tertuang dalam statuta harus betul-betul sesuai dengan kepentingan Lembaga jangan sampai ada praktik-praktik yang mengedepankan kepentingan pribadi karena hal tersebut akan membahayakan Lembaga itu sendiri, pungkasnya.

Selanjutnya Kegiatan tersebut masuk pada pembahasan inti tentang statuta, Rip, dan Renstra yang dipimpin oleh Dr. Irfan Goffary, M.Ag. sebagai ketua Tim Ahli dan di moderator oleh Dr. Mukhsin, M.Ag.

Rapat pleno tersebut menjadi tonggak utama dalam perjalanan STAI Al-Falah sebagai lembaga pendidikan Islam yang berkomitmen tinggi terhadap pengembangan kualitas pendidikan dan pengelolaan institusi. Dalam rapat tersebut, Statuta yang telah disusun secara teliti dibahas dan disahkan untuk mengatur struktur organisasi, tata cara pengambilan keputusan, serta fungsi dan tugas masing-masing unit di dalam STAI Al-Falah.

Selain itu, pembahasan mengenai RIP (Rencana Induk Pengembangan) juga menjadi perhatian utama dalam rapat pleno ini. Rip yang telah direvisi menggambarkan visi jangka panjang untuk pengembangan fisik, akademik, dan infrastruktur institusi, serta diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman dan kebutuhan stakeholder.

Tidak ketinggalan, RENSTRA (Rencana Strategis) juga menjadi fokus pembahasan dalam rapat tersebut. Renstra yang telah direvisi bertujuan untuk menetapkan sasaran, kebijakan, dan program kerja institusi dalam jangka waktu tertentu, sehingga mampu meningkatkan kinerja institusi dalam mencapai tujuan pendidikan dan pengembangan masyarakat.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan dokemun-dokumen oleh ketua STAI Al-Falah Cicalengka Bandung dan Ketua Yayasan Asysyahidiyyah, dan foto bersama.

Selain rapat pleno, acara ini juga dipenuhi dengan kegiatan syukuran milad STAI Al-Falah yang ke-38. Sebagai bagian dari perayaan tersebut dilakkuan do’a Bersama dengan mengadakan tahlil dan mendo’akan Almarhum ayah dan Ibu (KH.Q. Ahmad Syahid, M.Sc. dan Hj. Euis Kulstum) sebagai Muassis pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah, kegiatan tersebut diakhiri dengan potong tumpeng.

Rapat pleno dan syukuran milad ini berlangsung dengan meriah dan penuh kehangatan. Para peserta berharap bahwa keputusan-keputusan yang diambil dalam rapat tersebut dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan STAI Al-Falah sebagai lembaga pendidikan yang bermartabat dan mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan bangsa.

 

Berita

Komentar

Tidak ada komentar

Artikel Lainnya

Rapat Pemilihan Ketua & Sekretaris Senat STAI Al-Falah Cicalengka
Bandung - STAI Al-Falah Cicalengka melaksanakan Rapat Pemilihan Ketua & Sekr...
Fri, 8 March 2024 | 6:54
Promosi Doktor Ilmu Hukum KH Nanang Naisabur Bahas Penyelesaian Sengketa Perjanjian Pembiayaan Perbankan Syariah dengan Lembaga Jaminan Konvensional
Bandung — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (UNPAS) menggelar sidang ter...
Thu, 7 March 2024 | 10:26
Perkuat Internasionalisasi Kelembagaan, STAI Al-Falah yang tergabung dalam IAFORIS Lakukan Internasional Dialogue dan MoU Dengan UPM Holdings
Bandung - Pada Jumat, 23 Februari 2024, STAI Al-Falah yang tergabung dalam Intel...
Thu, 29 February 2024 | 10:03
Kuatkan Studi Islam, STAI Al-Falah yang tergabung dalam IAFORIS Lakukan Academic Sharing Dengan Universiti Kebangsaan Malaysia
Bandung – STAI Al-Falah yang tergabung dalam Intellectual Assosiation for Islami...
Wed, 28 February 2024 | 10:07